Cara Mendeteksi Typo Otomatis di Dokumen Tanpa Aplikasi

  • Whatsapp

Di masa pandemi Covid-19 ini memang mengharuskan kita untuk lebih sering berada di rumah, karena terkait dengan himbauan pemerintah untuk selalu sebisa mungkin menghindari kerumunan, dan apabila terpaksa kita harus selalu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer. Bagi teman-teman Pinthar.net yang sudah bekerja mungkin sudah terbiasa dengan yang namanya work from home. Bagi yang masih pelajar atau mahasiswa, kelas mengajar pun sekarang dilakukan secara online dan menggunakan media google meet ataupun zoom. Tentunya tugas yang diberikan pun terkadang mengharuskan kita untuk mengerjakannya di Office Word ataupun pdf untuk bisa mengumpulkannya.

Berbicara mengenai tugas yang ditulis secara digital. Pasti teman-teman Pinthar.net pernah mengalami sudah mengerjakan berpuluh-puluh lembar halaman dan setelah dikumpulkan mengharuskan kita untuk revisi karena banyaknya kesalahan ejaan atau biasa dikenal dengan typo. Khususnya bagi teman-teman Pinthar.net yang merupakan mahasiswa semester akhir, tentu akan banyak mendapat revisi dari dosen pembimbing karena banyaknya typo pada skripsi kita. Teman-teman Pinthar.net juga segan kalau disuruh mengecek secara manual karena skripsi kita yang umumnya hingga berpuluh-puluh lembar.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan tutorial bagaimana cara mendeteksi typo pada suatu berkas secara otomatis dan tanpa bantuan aplikasi, sehingga akan menghemat ruang penyimpanan perangkat handphone atau komputer kamu. Baiklah langsung dimulai saja tutorialnya, simak langkahnya baik-baik ya.

1. Buka browser kamu, disini penulis menggunakan browser Mozilla Firefox, lalu pada kolom pencarian google ketikkan keyword “typoonline“, atau langsung buka situs Typoonline.com

Bacaan Lainnya

2. Setelah masuk pada laman, kamu pilih Dokumen.

3. Lalu akan muncul area “Letakkan dokumen atau klik disini!“, disitu kamu dapat meletakkan langsung berkas kamu pada area itu atau kamu bisa Klik kiri.

4. Selanjutnya akan muncul jendela baru, nah disitu kamu cari dokumen mana yang kamu ingin deteksi typonya, setelah ketemu Klik Open.

5. Maka dokumen kamu akan terbuka dan akan terdeteksi secara otomatis ejaan yang masih salah dengan ditandai dengan warna merah.

Baiklah demikian itu tadi tutorial bagaimana cara mendeteksi typo dari suatu berkas atau dokumen, semoga bermanfaat dan memudahkan bagi teman-teman Pinthar.net yang sedang mengerjakan makalah tugas akhir atau skripsi.

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *