in

Cara Mengatur Alarm Sahur dan Sholat di Android

Sebagai salah satu bulan ibadah yang paling dinantikan, Bulan Ramadhan memberikan banyak sekali berkah bagi para umat-nya yang berlomba-lomba dalam kebaikan. Salah satu kebaikan yang dapat kita berikan kepada umat lainnya ialah dengan menghimbau akan waktu ibadah yang sebentar lagi dilaksanakan maupun diakhiri, seperti waktu sahur dan sholat. Sebagai pengingat kita akan waktu ibadah tersebut, kita dapat mengatur waktu pengingat ibadah secara dinamis pada perangkat kita (khususnya smartphone).

Pada artikel kali ini, kita akan mengatur alarm sahur dan sholat secara dinamis pada sistem operasi Android.

Langkah:

1. Download aplikasi Ramadhan 2019 melalui Play Store. Setelah proses download selesai, buka aplikasi Ramadhan 2019 untuk menggunakan (serta mengatur) aplikasi.

2. Sebelum menggunakan aplikasi secara menyeluruh, terlebih dahulu kita harus mengatur lokasi dari ibadah kita. Pilih salah satu metode deteksi lokasi ibadah (baik otomatis maupun manual) sesuai dengan keperluan kita. Penulis menggunakan metode otomatis untuk mempermudah pengaturan lokasi.

3. Untuk mengatur lokasi (berdasarkan opsi yang telah kita pilih), nantinya aplikasi terkait akan meminta kita untuk mengakses lokasi kita melalui perangkat GPS. Konfirmasi permintaan aplikasi dengan cara menekan opsi Izinkan pada pop-up yang telah disediakan.

4. Setelah mengatur lokasi ibadah kita, pilih opsi ID untuk memastikan bahwa kita nantinya akan menggunakan format waktu serta penanggalan ramadhan yang telah ditetapkan secara umum di Indonesia.

5. Setelah pemilihan format waktu dan tanggal ramadhan, nantinya kita akan diberikan informasi singkat mengenai tanggal serta jadwal sholat secara keseluruhan, sesuai dengan lokasi ibadah kita. Untuk mengkonfirmasi pengaturan terkait, pilih opsi OK. Nantinya kita akan diarahkan menuju halaman utama dari aplikasi.

6. Pada halaman awal aplikasi, pengguna akan diberikan berbagai informasi umum, mulai dari waktu alarm menyala (sesuai dengan aksi / jadwal yang ditetapkan), informasi ringkas mengenai tanggal dan jadwal ibadah, serta waktu berakhirnya sahur dan mulainya berbuka.

7. Untuk mengatur waktu alarm sahur serta sholat secara dinamis, klik logo gir (yang mewakili pengaturan aplikasi) pada bagian kanan atas halaman aplikasi. Nantinya kita akan diberikan opsi lanjutan mengenai aplikasi terkait.

8. Pada opsi lanjutan aplikasi, pilih opsi Sesuaikan Waktu Shalat, yang berada di bagian tengah opsi lainnya. Nantinya kita akan diarahkan menuju halaman lanjutan, yang berkaitan dengan opsi yang telah kita pilih.

9. Pada halaman terkait, kita dapat menyesuaikan waktu awalan / delay dari waktu ibadah yang telah ditetapkan. Semisal, jika kita ingin mengatur alarm agar dapat mengingatkan kita untuk sahur sekitar 1 jam sebelum waktu subuh tiba, maka kita cukup memilih opsi Sahur Time, dan mengubah waktu alarm sesuai dengan preferensi kita.

Demikian tutorial cara mengatur alarm sahur dan sholat secara dinamis di Android. Semoga bermanfaat.

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Written by Inwepo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Air Terjun di Nganjuk Ini Pas Banget Buat Basah-Basahan

Kumpulan Stiker WhatsApp Terbaik dengan Tema Ramadhan