Panduan Lengkap Cara Menggunakan FTP Client [FileZilla]

Ketika Anda membaca tutorial WordPress pasti Anda akan sering membaca tentang menggunakan Client FTP untuk mengunggah ke direktori situs web server hosting atau untuk menginstal plugin dan tema WordPress. FTP Ini adalah program yang harus Anda instal di komputer. Karena dengan program FTP ini dapat membantu Anda mengelola file situs web di server hosting dengan lebih mudah.

Bahkan, situs web Anda dapat dikelola pada server hosting web melalui browser web , tetapi kadang-kadang melalui browser web berjalan sangat lambat, dan unduhan yang tidak terlindungi untuk mengunggah atau mengunduh file besar juga tidak disarankan.

Client FTP yang akan saya gunakan dalam panduan ini adalah FileZilla, FileZilla Ini adalah program FTP gratis yang populer yang mendukung berbagai sistem operasi dan mudah digunakan. Secara Pribadi Saya Mengelola Pusat Blogging Di WordPress Ini Juga Gunakan FileZilla. Anda juga dapat mencoba menemukan program FTP lain jika Anda tidak ingin menggunakan FileZilla. Silakan baca di artikel saya yang lain di bawah ini.

Baca : 7 unduhanClien FTP gratis terbaik

Fungsi FileZilla FTP

Beberapa kelebihan FileZilla, selain bebas digunakan, adalah bahwa aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dapat mengunggah, mengunduh, dan mengelola file dan folder dengan mudah. FileZilla juga memiliki tingkat keamanan yang baik karena dapat mengenkripsi dan melindungi data Anda saat berkomunikasi dengan server. Di bawah ini adalah fitur lengkap FileZilla FTP :

  • Antarmuka yang user-friendly dan mudah digunakan.
  • Mendukung FTP, FTP melalui SSL / TLS (FTPS dan FTPES) dan SSH File Transfer Protocol (SFTP)
  • Tersedia untuk Windows, Linux , BSD, Mac OS X dan banyak lagi
  • Dukungan multi bahasa
  • Mendukung melanjutkan dan mentransfer file besar
  • Administrator situs dan antrean transfer
  • Bookmarks
  • Mendukung drag and drop
  • Batas kecepatan transfer yang dapat disesuaikan.
  • Filter file sesuai nama
  • Direktori Comparison
  • Wizard Pengaturan Jaringan
  • Edit file dari jarak jauh
  • Opsi untuk selalu tersambung
  • Masuk ke file
  • Jelajahi direktori yang disinkronkan
  • Temukan file dari jarak jauh

Baca : Panduan Instalasi WordPress untuk Komputer Localhost [ Offline ]

Cara Menginstal Client FileZilla FTP

Untuk menggunakan FileZilla FTP, Anda harus mengunduh dan menginstal program di komputer Anda. Ikuti panduan untuk menginstal FileZilla di bawah ini :

Kunjungi situs web FileZilla Resmi dan unduh versi terbaru » Unduh FileZilla.

Setelah mengunduh file Anda, klik 2x pada file untuk memulai proses instalasi. Anda akan melihat perjanjian lisensi dan mengklik tombol “Saya setuju”.

Langkah selanjutnya adalah memilih apakah Anda ingin menginstal FileZilla untuk digunakan oleh banyak pengguna atau hanya untuk penggunaan Anda sendiri. Dalam opsi ini, Anda memilih “Siapa saja yang menggunakan komputer ini (semua pengguna) dan klik tombol” Next “.

Selanjutnya, Anda harus memilih komponen Client FileZilla yang ingin Anda instal, Anda dapat memeriksa semua opsi. Jika sudah melakukannya, klik tombol “Next”.

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih lokasi di mana Anda ingin menginstal FileZilla. Jika Anda ingin mengkonfigurasinya secara default, cukup klik tombol “Next”.

Di bagian ini, cukup klik tombol “Instal” dan tunggu proses instalasi Client FileZilla FTP selesai sampai “FileZilla Client Dipasang di komputer Anda” muncul dan klik tombol “Selesai”.

Ini adalah instalasi FileZilla yang mudah, dan sekarang Anda telah menginstal FileZilla FTP di komputer Anda. Kemudian baca terus untuk mengetahui cara menggunakan Client FileZilla FTP.

Cara menggunakan FileZilla FTP Client

Untuk menggunakan FileZilla FTP, buka Client FileZilla FTP untuk membukanya seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Pada gambar di atas, Anda dapat melihat tampilan FileZilla FTP. Untuk menghubungkan program FTP ke server hosting, masukkan (Host, Nama Pengguna dan Kata Sandi) di bagian atas yang Anda sorot dengan warna merah dan klik tombol “Quick Connect”. Anda dapat memperoleh informasi login dari penyedia hosting Anda , dan umumnya ketika pembelian awal hosting Anda dikirimkan, informasi login FTP termasuk dalam email Anda.

Jika Anda tidak memiliki informasi login FTP, silakan lakukan sendiri melalui dashboard hosting, ada menu FTP. Cukup masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda, maka Anda dapat menggunakan informasi login FTP Anda. Jika Anda menggunakan iPage, Anda dapat melihat tutorial pembuatan akun FTP di sini.

Setelah Anda berhasil terhubung ke server hosting. Anda akan melihat deretan folder dan file di kolom atau panel kanan. Di panel kiri adalah konten komputer Anda, dan di sebelah kanan adalah panel konten untuk server hosting web Anda.

Di atas adalah panduan lengkap tentang cara menggunakan perangkat lunak Client FileZilla FTP dari proses instalasi hingga menggunakan proses pengunggahan file unduhan di server hosting web Anda . Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Pos terkait