12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Laptop

Membeli laptop adalah proses yang memakan waktu. Karena ini terkait dengan harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar dan harus mendapatkan laptop yang benar-benar sesuai dengan yang kita butuhkan dan kita dapatkan dengan puas. Kebanyakan orang merasa kewalahan saat akan membeli laptop baru karena banyak produsen yang memiliki konfigurasi hardware dan software yang sama untuk laptop dalam kisaran harga tertentu.

Sebelum membeli laptop, banyak orang mencari laptop tertentu di internet. Namun meski begitu, mereka dibuat bingung dengan banyaknya informasi yang didapat. Pada artikel ini, saya akan memberikan panduan untuk membeli laptop yang tepat, dan ini akan memberi tahu Anda hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Karena terdapat banyak komponen (hardware dan software) dalam sebuah sistem portabel.

Seiring perkembangan teknologi, begitu pula fitur dan desain laptop. Itu sebabnya kita harus mewaspadai perubahan teknologi yang terus berkembang. Pabrikan ini lebih baik mengembangkan CPU, RAM, desain, dan fitur lain di laptop. Perusahaan internasional seperti Intel selalu berusaha untuk membuat prosesor mereka secepat mungkin untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan tren terkini.

Sekarang Anda tidak perlu melakukan penelitian yang tidak perlu di web, tetapi ingatlah 10 poin ini sebelum Anda membeli dan memutuskan untuk membeli laptop. Panduan ini akan memberi tahu Anda apa yang perlu diketahui sebelum membeli laptop.

Bacaan Lainnya

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop (Panduan Membeli Laptop)

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop. Anda juga dapat menganggapnya sebagai panduan membeli laptop.

1. Anggaran

Anggaran adalah faktor terbesar yang pada akhirnya akan menentukan laptop mana yang akan dibeli. Setiap orang memiliki daya beli yang berbeda-beda, Anda yang memutuskan berapa budget yang ingin Anda beli laptop. Misalnya, jika Anda seorang pelajar yang ingin membeli komputer laptop karena belum bekerja biasanya Anda hanya mematok laptop seharga 5 jutaan. Sebaliknya, seseorang yang sudah bekerja atau karyawan dengan penghasilan yang cukup umumnya akan menyisihkan uang untuk membeli laptop dari angka 7 hingga 15 juta.

Bagaimanapun, anggaran untuk membeli laptop berbeda karena daya beli yang berbeda. Jadi Anda harus memutuskan anggaran Anda, setelah itu Anda dapat mencari laptop dalam kisaran anggaran yang Anda tentukan. Tentunya dalam hal ini Anda bisa membeli laptop yang lebih layak, jika Anda memiliki budget yang lebih besar.

2. Prosesor (CPU)

Prosesor (CPU) adalah bagian utama dari laptop atau sistem komputer yang menentukan kecepatan di mana tugas apa pun diproses pada sistem tertentu. Jika Anda suka menjelajahi web, memainkan game terbaru, mengedit video, atau tugas berat apa pun yang Anda butuhkan, ini membutuhkan prosesor yang kuat. Prosesor yang cepat akan memungkinkan Anda melakukan semua tugas di sistem dengan lancar. Sebagian besar laptop baru hadir dengan dua merek CPU, Intel dan AMD. Keduanya menawarkan kinerja yang layak, tetapi Intel jauh di depan AMD. Laptop dengan prosesor Intel yang mahal juga merupakan laptop berbasis AMD.

Jika Anda menginginkan kecepatan pemrosesan yang sangat cepat, pilihlah laptop seri Intel Core i7. Lihat daftar laptop pengeditan video yang direkomendasikan dengan anggaran sempurna untuk dibeli pada tahun 2020.

3. RAM (Random Access Memory)

RAM atau Random Access Memory adalah memori fisik dari setiap sistem komputer yang membantu mempercepat pemrosesan aplikasi. Untuk kelancaran semua tugas atau kinerja komputer, disarankan menggunakan laptop dengan RAM minimal 4 GB. Jika Anda ingin melakukan tugas-tugas pemrosesan yang berat seperti mengedit video, bermain game, dan desain grafis, maka Anda benar-benar membutuhkan lebih dari 4GB RAM.

Selain itu, ini bukan hanya tentang jumlah memori yang Anda masukkan ke laptop Anda, tetapi jenis RAM juga berperan besar dalam menentukan kecepatan. Anda harus mencari komputer laptop dengan RAM DDR3 terbaru. DDR3 cenderung beroperasi pada frekuensi yang lebih cepat daripada DDR2 sebelumnya.

4. Hard Disk Drive

Hard Disk Drive akan menyimpan semua data Anda, termasuk dokumen, program, video, gambar, dan file sistem lainnya. Berapa banyak ruang hard drive yang Anda butuhkan adalah pertanyaan besar lainnya. Sebagian besar laptop datang dengan hard drive 320GB. Anda dapat meningkatkan kapasitas dengan menggantinya dengan hard drive lain yang memiliki lebih banyak ruang penyimpanan. Anda dapat memilih antara 500 GB atau 1 TB tergantung pada anggaran dan harga yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin sistem Anda melakukan tugas cepat dalam sepersekian detik, maka SSD harus menjadi pilihan yang tepat. Tapi SSD ini cukup mahal dibanding HDD biasa dan jauh lebih cepat dari HDD. Sebagian besar laptop kelas atas dilengkapi dengan SSD.

5. Ukuran dan Tipe Layar

Ukuran dan jenis layar juga penting saat memutuskan untuk membeli laptop. Sebagian besar laptop saat ini hadir dengan ukuran layar setidaknya 14,1 inci. Terserah Anda untuk memutuskan ukuran layar mana untuk Anda. Jika Anda ingin menonton film dan bermain game di laptop, sebaiknya beli laptop dengan layar yang lebih besar yaitu 17 inci. Untuk tugas informal, seperti menjelajahi web dan bekerja di kantor, 14,1 atau 15,6 inci sudah cukup.

Anda juga disarankan untuk memilih layar definisi tinggi dengan fungsi anti-silau. Layar HD memungkinkan Anda untuk menonton film dalam resolusi HD. Sisi lain dari anti-silau adalah lapisan yang diaplikasikan pada layar untuk melindungi dari silau. Jika Anda menginginkan laptop layar sentuh, Anda dapat dengan mudah mendapatkannya dalam kisaran anggaran yang saya sebutkan di atas. Layar sentuh membantu Anda menavigasi layar apa pun dengan mudah.

6. Desain

Desain laptop juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat membeli laptop. Pembeli laptop saat ini juga lebih menyukai desain laptop sebelum membeli. Semua orang menginginkan laptop dengan desain ramping dan mudah dibawa. Laptop harus tipis dan ringan. Desain laptop juga mempengaruhi harga.

Saat ini laptop memiliki desain dimana layar laptop bisa dilipat atau dilepas dari keyboard dan bisa digunakan sebagai tablet. Tetapi laptop jenis desain ini sangat mahal.

7. Prosesor Grafik atau GPU

Jika Anda adalah seorang gamer dan suka menonton video HD dan Full HD di laptop Anda, maka GPU akan memainkan peran penting. GPU akan menangani semua tugas pemrosesan grafis. Sebagian besar prosesor Intel Core modern memiliki unit grafis terintegrasi yang kuat dan dapat menangani tugas intensif grafis dengan mudah.

Tetapi jika Anda menginginkan kinerja grafis terbaik, pilihlah unit grafis diskrit seperti AMD dan Nvidia, yang menawarkan grafis diskrit berkualitas tinggi.

8. Baterai

Kapasitas baterai merupakan faktor penentu lain untuk membeli laptop. Karena laptop adalah perangkat portabel, maka perlu daya baterai yang layak agar dapat digunakan dan bekerja di mana saja. Laptop dengan masa pakai baterai yang buruk selalu mengganggu pekerjaan Anda. Laptop paling murah dilengkapi dengan baterai 6-sel. Masa pakai baterai tergantung pada cara Anda menggunakan laptop dan perawatan Anda.

Baterai laptop 6-sel dasar harus menyediakan cadangan minimal 4 jam. Prosesor modern memungkinkan baterai mencapai cadangan maksimumnya karena membutuhkan lebih sedikit daya.

9. Sistem Operasi

OS apa yang Anda inginkan di sistem Anda? Jika Anda menginginkan Mac OS X, hanya ada satu opsi Apple MacBook. Untuk pilihan yang beragam, Anda perlu memilih laptop dengan sistem operasi Windows. Sebelum membeli laptop, Anda perlu memastikan bahwa laptop Anda sudah terpasang sistem operasi dan disarankan agar laptop Anda kompatibel dengan Windows 10 yang memiliki lisensi resmi sehingga tidak akan ada masalah saat ada update baru. Namun jika budget Anda di atas rata-rata, saya sarankan untuk membeli laptop Apple atau Macbook, karena laptop ini benar-benar berfungsi dengan baik dan tidak mengalami crash seperti yang sering terjadi di Windows.

10. Merek

Branding laptop sangat penting. Anda harus selalu memilih beberapa merek laptop besar seperti Apple, Dell, HP, Lenovo, Microsoft, Asus, dll. Anda juga dapat meneliti merek laptop terbaik sebelum membeli laptop.

11. Garansi

Masalah garansi adalah salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan saat membeli laptop. Asus dan Dell dikenal dengan layanan purna jual terbaik dan penawaran garansi yang menarik. Banyak perusahaan menawarkan penawaran garansi yang panjang dan menarik. Hal lain yang perlu Anda periksa adalah apakah ada pusat layanan garansi di kota Anda atau tidak.

12. Tingkatkan Anggaran Anda

Pada awalnya, tentu saja Anda sudah menyiapkan anggaran untuk laptop. Setelah mengetahui kebutuhan laptop Anda seperti CPU, RAM, Scree, branding, desain dan lainnya, jika harga laptop yang Anda cari di luar budget Anda maka Anda sangat perlu menambah anggaran atau sekedar membeli laptop dengan fitur lain.

Ingat, semakin tinggi kualitas laptop yang bisa Anda beli. Anda juga harus memperhatikan beberapa fitur dasar lainnya seperti Bluetooth, Wi-Fi, drive optik, jenis webcam, dan keyboard.

Kesimpulan
Membeli laptop bisa membingungkan. Panduan ini akan memudahkan Anda untuk membeli laptop impian Anda. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengikuti tips di atas untuk membeli laptop. Anda harus dapat menetapkan anggaran untuk mendapatkan laptop yang benar-benar memenuhi kebutuhan Anda dan mendapatkan fitur yang pantas Anda dapatkan di laptop Anda.

Pos terkait