Inilah 10 Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 Plus

  • Whatsapp

Saat kemunculan Samsung Galaxy 20 pada Februari 2020 dan hadir di pasaran pada Maret 2020, HP ini mampu menjadi sorotan para penggemar gadget. Memang, seri S yang sudah berjalan satu dekade ini selalu menghadirkan gebrakan inovasi mutakhir, terlihat dari spesifikasi-spesifikasi menggiurkan dari setiap HP yang dirilis pada zamannya.

Nah, di saat yang bersamaan, Samsung mengeluarkan varian dari HP flagship ini, yakni Samsung Galaxy S20 Plus dan Ultra – tentu dengan fitur dan spesifikasi yang lebih baik lagi. Yang akan dibahas pada artikel ini adalah Samsung Galaxy S20 Plus.

Samsung Galaxy S20 Plus datang dengan spesifikasi yang berada di antara dua HP seri S20 lainnya. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 Plus? Simak saja poin-poin berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Plus

  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: Dynamic AMOLED 2X, 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Exynos 990
  • GPU: Mali-G77 MP11
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 128 GB / 256 GB / 512 GB
  • Memori Eksternal: microSD hingga 1 TB
  • Kamera Belakang: 12 MP + 64 MP + 12 MP + 0,3 MP (VGA)
  • Kamera Depan: 10 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4500 mAh

Cek spesifikasi selengkapnya…

Kelebihan Samsung Galaxy S20 Plus

Seperti yang diekspektasikan dari HP keluaran merk ternama ini, Samsung Galaxy S20 Plus hadir dengan segudang fitur terbaik dari kelasnya. Ingin tahu apa saja? Simak kelebihan-kelebihan berikut.

1. Didukung oleh Chipset Terbaik

s20plus-gaming

*sumber: https://www.youtube.com/watch?v=unj54HZoa3Q

Untuk dipakai bermain game atau membuka aplikasi berat, Anda sudah tidak perlu ragu akan performa HP ini. Chipset Exynos 990 ini merupakan salah satu chipset berperforma terbaik di dunia, menyaingi Qualcomm Snapdragon 865 yang telah banyak diusung oleh banyak HP berkelas lainnya.

Contohnya saja, berdasarkan ulasan yang diberikan TomsGuide, Samsung Galaxy S20 mampu menjalankan PUBG Mobile tanpa ada stutter atau gangguan apapun. Bisa dibilang, tidak akan ada game Android yang tidak bisa dijalankan oleh HP ini, mengingat chipset Exynos 990 merupakan versi terbaik dari keluaran sebelumnya.

Bahkan, saat dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra yang merupakan versi lebih mahalnya, HP ini memiliki performa yang hampir sama. Samsung Galaxy S20 memiliki skor Geekbench sebesar 3.076,3, sedangkan Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki skor sebesar 3.076,7. Selain itu, RAM sebesar 12 GB yang disematkan pada HP ini bisa membuatmu masuk dan keluar aplikasi dengan amat cepat.

2.  Memori yang Besar

s20plus-memory

Agak sayang jika HP berperforma tinggi seperti Samsung Galaxy S20 Plus tidak ditunjang dengan memori internal yang besar pula. Karena itu, Anda pasti senang ketika mengetahui besarnya varian memori internal pada HP ini, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Bahkan, jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy S20 Ultra, HP ini memiliki varian yang lebih lengkap dan 3x lipat lebih besar, mengingat Samsung Galaxy S20 Ultra hanya menyediakan memori internal sebesar 128 GB saja.

Tidak cukup di situ, salah satu HP Samsung tercanggih di dunia ini juga dibekali dukungan microSD hingga 1 TB. Menggabungkan kapasitas dari memori internal dan eksternal, Anda serasa memiliki harddisk eksternal seukuran HP.

3. Fitur Baterai yang Inovatif

s20plus3

* sumber: www.digitaltrends.com

Baterai selalu menjadi pertimbangan sebelum orang-orang membeli HP. Bagaimana tidak? Tiada orang yang mau sebentar-sebentar mencari colokan. Untung saja, Samsung Galaxy s20 Plus bukan hanya memiliki durasi ketahanan baterai yang baik, melainkan juga hadir dengan fitur-fitur tambahan yang mutakhir.

Contohnya saja, menurut Nextren, baterai tanam berkapasitas 4500 mAh ini dapat Anda cas dari kosong hinggal penuh selama 75 menit saja menggunakan casan 25W. Bahkan, durasi 75 menit ini juga merupakan durasi yang dibutuhkan untuk mengisi baterai Samsung Galaxy S20 hingga penuh, padahal kapasitasnya lebih rendah (4000 mAh). Jika masih terasa kurang cepat, Anda bisa membeli casan Samsung 45W.

Selain itu, HP ini juga bisa dicas secara wireless sehingga memudahkan Anda tanpa harus cari-cari kabel. HP ini juga memiliki fitur unik di mana Anda bisa mengecas HP lain menggunakan Samsung Galaxy S20 Plus ini – secara wireless juga!

4. Memiliki Kamera Telefoto dengan Hasil Menakjubkan

s20plus-camera

* sumber: www.techarp.com

Samsung Galaxy S20 Plus ini dibekali dengan empat kamera belakang yang mampu menghasilkan foto berkualitas tinggi. Untuk lensa utama, resolusinya sebesar 12MP dengan bukaan f/1.8 aperture. Memang tidak sebesar kamera utamanya Samsung Galaxy S20 Ultra (108 MP), tapi Anda tetap dijamin puas dengan hasil fotonya.

Lalu, ada lensa telefoto dengan resolusi 64MP yang mampu nge-zoom 3x secara optikal, lensa ultrawide sebesar 12MP, serta lensa VGA untuk sensor time-of-flight yang dapat digunakan untuk mengukur jarak dan motion photos.

Namun, yang menjadi daya tarik kamera HP ini adalah lensa telefotonya yang mampu menangkap objek sampai ratusan meter dengan detail yang masih terjaga dan warna yang jelas.

Berdasarkan eksperimen yang dilakukan TomsGuide, hasil gambar telefoto pada Samsung Galaxy S20 Plus terbilang lebih baik ketimbang iPhone 11 Pro Max. Perbedaan ini bisa terlihat di dua foto berikut.

2x-zoom-iphone-11-pro-max

iPhone 11 Pro Max 2x optical zoom. * sumber: www.tomsguide.com

2x-optical-zoom-samsung-galaxy-s20-plus

Samsung Galaxy S20 Plus 3x optical zoom * sumber: www.tomsguide.com

Dilihat dari kedua foto di atas, cukup terbukti bahwa kamera telefoto pada Samsung Galaxy S20 Plus mampu menangkap objek yang lebih jauh lagi ketimbang iPhone 11 Pro Max yang hanya mengusung 2x optical zoom. Selain itu, detail yang terdapat pada gedung juga masih menampilkan kualitas yang tajam, sekalipun sudah di-zoom tiga kali.

Hal ini cukup menunjukkan bahwa kualitas kamera telefoto pada Samsung Galaxy S20 Plus tidak boleh dianggap remeh, cocok bagi Anda yang penggiat fotografi yang sering mengambil gambar dari jarak jauh.

5. Layar Memiliki Refresh Rate yang Tinggi

s20plus-battery

* sumber: www.tomsguide.com

Entah itu menonton YouTube, Netflix, atau apapun itu, layar Super AMOLED yang tersemat pada Samsung Galaxy S20 Plus akan menawarkan pengalaman visual yang menyenangkan dengan respon yang lebih cepat.

Selain itu, HP ini juga dibekali varian refresh rate 60 Hz dan 120 Hz, ketika HP lain di kelasnya kebanyakan hanya mengusung 60 dan 90 Hz saja. Pada refresh rate 120 Hz, Anda akan merasakan pergerakan tampilan layar yang terasa lebih smooth.

Untuk beberapa game dengan pergerakan layar yang cepat seperti PUBG Mobile dan Asphalt, refresh rate yang lebih tinggi dapat meningkatkan kualitas grafis dan menurunkan kadar lag pada game secara drastis. Pasti Anda akan betah bermain game lama-lama.

6. Memiliki Bodi Kokoh – Tahan Debu dan Air Juga

s20plus

* sumber: www.digitaltrends.com

Salah satu spesifikasi Samsung Galaxy S20 Plus yang layak dilirik adalah bodinya. Bagaimana tidak? Bagian belakang dari HP canggih ini sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 6 yang dijamin mampu meredam benturan jika HP terjatuh dengan kecepatan dan jarak yang wajar.

Selain itu, sertifikasi IP68 pada Samsung Galaxy S20 Plus ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik dari debu dan air. Anda bahkan dapat membawa HP ini saat berenang, asalkan tidak lebih dari kedalaman 1,5 meter dan tidak lebih dari 30 menit.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Plus

Dengan kelebihan-kelebihan yang diusung pada HP canggih ini, mungkin Anda tidak akan mengira bahwa HP ini juga memiliki kekurangan yang perlu diketahui. Apa saja kekurangan itu? Simak yang berikut ini.

1. Harga yang Sangat Mahal

s20plus2

* sumber: www.techradar.com

Tidak dapat dipungkiri, HP yang memiliki segudang fitur canggih dan spesifikasi yang mumpuni pasti memiliki harga yang tidak murah. Begitu pun dengan Samsung Galaxy S20 Plus yang memiliki harga sebesar Rp 14 jutaan. Bagi Anda yang memang membutuhkan fitur-fitur di dalamnya, Anda mungkin menganggap HP ini sangat worth it.

Anda mungkin baru merasa keberatan jika berniat menukar Samsung Galaxy S20 biasa dengan yang varian Plus ini. Soalnya, kedua HP ini tidak banyak berbeda kecuali dari segi kapasitas baterai dan penambahan lensa VGA di kamera belakang. Namun, selisih harga keduanya cukup tinggi, yakni Rp 2 juta. Mungkin hal ini akan membuat Anda berpikir dua kali sebelum membeli.

2. Tidak Terdapat Pilihan 90 Hz

s20plus-refresh-rate

* sumber: www.phonearena.com

Samsung Galaxy S20 Plus memiliki dua varian refresh rate yang bisa dipilih, yakni 60 Hz dan 120 Hz. Jika Anda menginginkan transisi layar yang lebih memanjakan mata, sebaiknya pilih yang 120 Hz. Namun, Anda harus rela mengorbankan ketahanan baterai, soalnya refresh rate yang tinggi membuat prosesor bekerja lebih cepat sehingga lebih banyak memakan daya.

Memang, Anda dapat beralih ke 60 Hz jika tidak ingin hal ini terjadi. Tapi, beberapa HP lain pada segmen harga yang sama memiliki refresh rate 90 Hz, sedangkan Samsung Galaxy S20 Plus tidak punya. Padahal kehadiran opsi ini dapat menjadi solusi penengah dari dua sisi – transisi layar yang lebih smooth namun tidak terlalu banyak menguras baterai.

3. Potret Wajah Tidak Cukup Realistis

s20plus3

* sumber: www.trustedreviews.com

Siapa yang tidak ingin tampil cantik dan tampan saat difoto? Tentu kita semua menginginkannya. Tapi, jika sebuah kamera HP tidak mampu menampilkan detail secara nyata pada sebuah obyek, bukankah hal ini sedikit buruk?

Pada sebuah percobaan yang dilakukan pada ulasan di TomsGuide, kamera HP ini cenderung tidak mampu menghasilkan detail pada wajah sesuai kenyataannya, berbeda dengan kamera yang diusung pada iPhone 11 Pro Max. Lihat kedua perbedaan di bawah ini.

potret-wajah-iphone11promax

Potret wajah iPhone 11 Pro Max. * sumber: www.tomsguide.com

Foto di atas adalah potret wajah yang dihasilkan oleh kamera iPhone 11 Pro Max. Jika diperhatikan, kamera ini mampu mengambil gambar wajah dengan mempertahankan keaslian corak wajah, bahkan sampai bintik-bintik pada hidungnya pun terlihat jelas. Sekarang, bandingkan dengan foto di bawah.

potret-wajah-samsung-galaxy-20-plus

Potret wajah Samsung Galaxy S20 Plus. * sumber: www.tomsguide.com

Meskipun kamera pada Samsung Galaxy S20 Plus mampu menangkap beberapa helai rambut tipis yang mencuat, keaslian corak kulit tampak tersamarkan dan bintik-bintiknya pun tidak begitu nampak dibandingkan dengan sebelumnya.

Hal ini merupakan kelemahan yang cukup unik, mengingat Samsung Galaxy S20 Plus sebenarnya memiliki kemampuan fotografi yang baik. Kini, tinggal Anda yang tentukan apakah kelemahan ini cukup berarti bagi Anda.

4. Desain Kamera Belakang yang Kurang Menarik

s20plus-body

Terkadang, tidak hanya performa atau spesifikasi yang bisa menjadi daya jual, melainkan estetika juga. HP dengan desain bodi yang baik akan membuat kita lebih bangga memamerkannya – terlebih pada jaman yang semuanya harus serba Instagrammable.

Jika Anda melihat bagian belakang dari Samsung Galaxy S20 Plus, terdapat jejeran kamera belakang yang tersusun secara 3 x 2 pada pojok kiri, sungguh sebuah tampilan yang biasa saja dan bisa dibilang kurang menarik. Berbeda jika Anda membandingkannya dengan Vivo NEX 3S yang kamera belakangnya tersusun dengan rapih dan simetris.

Meskipun begitu, hal ini kembali lagi ke soal selera. Jika desain belakang HP ini tidak terlalu mengganggu bagi Anda, HP ini sungguh sayang dilewatkan.

Simpulan

Membahas berbagai kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 Plus ini sungguh menarik. Anda bisa melihat sendiri mengapa HP ini patut dinobatkan sebagai salah satu HP dengan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Dari kamera telefotonya, baterainya, kapasitas memori internal dan dukungan microSD, hingga dukungan 120 Hz, wajar jika siapapun tergiur dengan Samsung Galaxy S20 Plus. Tapi, cukup disayangkan tidak terdapat opsi refresh rate 90 Hz yang menyeimbangi mulusnya pergerakan tampilan layar dengan ketahanan baterai.

Setelah melihat beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S20 Plus tadi, mudah-mudahan Anda dapat menimbang kelayakan HP ini untuk Anda. Apakah Anda tertarik? Silakan beli Samsung Galaxy S20 Plus melalui link ini.

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *