Inilah 5 Langkah Cara Membeli Game di Steam dengan Mudah

  • Whatsapp

Salah satu kegiatan yang seringkali menjadi hobi anak muda adalah bermain game. Apalagi pada zaman sekarang, game sudah memiliki grafis yang hampir menyerupai dunia nyata. Terutama bagi kamu yang bermain di PC high-end, pasti lebih sering merasakan hal ini ketimbang konsol.

Nah, untuk bisa bermain game tertentu, kamu harus membelinya terlebih dahulu. Untung ada Steam, platform yang menyediakan koleksi game secara masif – dari yang klasik hingga terbaru, offline maupun online, dari segala genre.

Dan lagi, Steam sering mengadakan diskon gede-gedean setiap momen besar liburan seperti diskon musim panas, diskon musim dingin, dan sebagainya. Kalau beruntung, kamu bisa membeli game berkualitas triple A dengan diskon sampai 50% bahkan 75%. Tidak jarang pula Steam menggratiskan game yang berkualitas keluaran lama untuk kamu nikmati. Menggiurkan, bukan?

Sayangnya, bagi orang Indonesia, proses pembelian game di Steam agak belibet. Hal ini karena metode pembayaran yang tersedia belum terlalu sesuai dengan kebudayaan kita di mana kebanyakan orang dengan rentang usia muda jarang memiliki kartu kredit.

Lantas, bagaimana caranya membeli game di Steam dengan mudah? Kalau kamu penasaran, Pinthar.net akan berikan beberapa langkah simpel agar kamu bisa membeli game favoritmu dari Steam.

Bacaan Lainnya

Cara Membeli Game di Steam

Nantinya, akan ada beberapa metode yang bisa kamu pakai untuk membeli game di Steam. Tutorial ini akan mengajarkan kamu cara yang paling mudah yang bisa dilakukan agar tidak ribet. Mari simak yang berikut ini!

1. Buat Akun Steam

klik-login

Hal pertama yang tentu saja perlu dilakukan adalah memiliki akun Steam. Kalau kamu memang sudah buat, lewati saja langkah ini. Bagi kamu yang belum pernah memiliki akun Steam sama sekali, kamu bisa membuatnya dengan mengunjungi situs Steam. Ketikkan alamat “https://store.steampowered.com” pada kolom pencarian di browser, lalu tekan Enter.

Setelah tiba pada laman utama Steam, kamu perlu mengklik pilihan “login” yang terdapat pada pojok kanan atas layar. Ada dua pilihan nantinya, Sign in dan Create. Pada bagian Create, klik tombol “Join Steam” dan kamu akan dibawa menuju laman pengisian email. dan negara domisili.

Beri tanda ceklis pada box CAPTCHA, bacalah ketentuan dan persetujuannya, dan beri tanda ceklis di bawahnya yang menyatakan kalau kamu setuju dan berumur 13 tahun atau lebih. Oh ya, pastikan kamu memang sudah 13 tahun ya!

Kemudian, klik tombol Continue. Setelah itu Steam akan mengirimkan email yang mengandung link verifikasi ke inbox kamu. Jadi, buka email tersebut dan klik link di dalamnya.

Kalau sudah, kembalilah ke tab sebelumnya untuk melanjutkan proses registrasi. Masukkan username dan password, lalu klik tombol Complete Sign Up. Sekarang, akunmu sudah berhasil dibuat.

2. Install Steam

install-steam

Langkah selanjutnya adalah mendownload dan menginstal Steam di PC kamu. Pada laman utama Steam, klik tombol Install Steam untuk menuju laman download. Tinggal klik tombol Install Steam, pilih direktori penyimpanan, dan download pun akan berjalan. Kemudian, buka file setup tersebut dan ikuti saja instruksi instalasinya sampai tuntas.

3. Pilih Game yang Ingin Dibeli

add-to-cart

Setelah aplikasi Steam terinstal dan terkoneksi dengan akun Steam kamu, sekarang saatnya menjelajahi koleksi game yang tersedia. Kamu bisa memilih berdasarkan genre atau berdasarkan platform menggunakan menu navigasi yang ada.

Kalau kamu punya preferensi yang spesifik, kamu juga bisa memfilter hasil pencarian dengan menggunakan tag seperti “Indie”, “Single player”, dan sebagainya. Jika kamu sudah menentukan pilihan game apa yang mau dibeli, klik tombol Add to Cart. Klik tombol Continue Shopping jika kamu ingin menambahkan game lainnya.

4. Top-Up Steam Wallet

top-up-steam-wallet

Kalau sudah memasukkan semua game pada belanjaan kamu, kini saatnya check out! Tapi sebelumnya, kamu perlu mengetahui dulu berapa total harga game yang kamu beli. Untuk metode pembayaran sendiri, Steam hanya menyediakan Visa, MasterCard, dan eClub point. Tapi, selain dari ketiga itu, penulis akan menggunakan metode yang lebih simpel, yakni Steam Wallet.

Steam Wallet menjadi pilihan yang pas karena terdapat berbagai macam metode untuk melakukan top-up, seperti melalui gerai minimarket dan berbagai marketplace. Salah satu marketplace yang menyediakan Steam Wallet adalah Shopee.

Kamu tinggal perlu kunjungi laman Shopee dan masuk ke akunmu. Klik menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”, klik menu “Steam Wallet IDR” dan pilihlah nominal saldo yang sesuai dengan harga total belanjaan kamu. Klik tombol “Beli Sekarang” untuk lanjut ke pembayaran.

Pilihlah metode pembayaran seperti bank transfer, gerai minimarket, atau ShopeePay. Setelah kamu berhasil melakukan pembayaran, kamu akan menerima pin voucher yang bisa dilihat pada rincian pesanan.

Buka aplikasi Steam lalu klik menu Games >> Redeem a Steam Wallet Code. Salinkan pin voucher yang telah didapatkan pada kolom yang tersedia dan klik tombol Continue. Kalau berhasil, kamu akan melihat pesan yang menunjukkan bahwa Steam Wallet kamu telah diisi.

5. Lanjutkan Checkout

beli-game-steam

Nah, sekarang kamu sudah memiliki saldo yang cukup untuk membeli game. Scroll sampai paling atas sampai kamu menemukan menu Cart di sebelah kanan. Pilih menu “Purchase for myself” lalu coba cek metode pembayaran. Kalau saldo mencukupi, biasanya opsi Steam Wallet akan dengan otomatis terpilih.

Beri tanda centang pada box persetujuan dan klik tombol Purchase. Selamat! Kamu sudah berhasil membeli game di Steam! Sekarang, tinggal menginstal gamenya dan kamu sudah bisa memainkannya.

Tips Membeli Game di Steam

steam

* sumber: store.steampowered.com

Saat berusaha membeli game yang cocok di Steam, kamu mungkin akan kebingungan. Bagaimana tidak? Banyak sekali pilihan game yang bisa kamu mainkan dengan berbagai macam gameplay, cerita, dan harga. Nah, daripada bingung, lebih baik simak saja tips-tips berikut agar kamu tidak salah membeli game yang pas.

1. Perhatikan System Requirements

Bisa jadi ini adalah tips yang paling penting. Perlu diingat bahwa tidak semua game akan bisa dimainkan di PC atau laptop kamu. Soalnya, ada system requirements atau panduan mengenai komponen-komponen jenis apa saja yang perlu kamu miliki untuk bisa memainkan game tertentu dengan lancar – VGA, RAM, CPU, dan lain-lain.

Kalau VGA atau CPU kamu tidak kuat untuk mengangkat sebuah game, besar kemungkinan game tersebut tidak akan bisa dijalankan dengan FPS yang playable. Sayang kan kalau terlanjur terbeli? Jadi, pilih game yang sesuai spek PC-mu saja ya!

2. Perhatikan Review Baik dan Buruk

Saat memilih game, ada kalanya kamu tidak mengetahui apakah game tersebut bagus atau tidak. Di sinilah review menjadi penting. Kalau dalam hidup kamu pernah mendengar pepatah “belajarlah dari pengalaman orang lain”, ini waktu yang sangat tepat untuk menerapkannya.

Di laman produk game, ada bagian review berdasarkan pengalaman yang dirasakan oleh orang lain saat memainkannya – entah itu dari segi cerita, optimisasi, pro dan kontra, atau bugs.

Kamu juga bisa melihat overall user review atau ulasan pengguna secara keseluruhan. Kalau tulisannya “very positive” apalagi “overwhelmly positive”, besar kemungkinan kamu akan menyukai game tersebut.

3. Mainkan Demonya Terlebih Dahulu Jika Belum Yakin

Terkadang ulasan pengguna tidak menentukan segalanya. Contohnya, bisa jadi sebuah game memiliki review yang buruk tapi setelah dicoba ternyata sesuai dengan selera kamu, dan begitu pun sebaliknya.

Untungnya, beberapa game memiliki versi demo yang bisa dicoba secara gratis, bahkan sebelum game aslinya dirilis. Kamu bisa gunakan kesempatan ini untuk benar-benar menentukan apakah kamu suka atau tidak.

Nah, sekarang kamu sudah tahu cara membeli game di Steam dengan mudah, sekalipun tidak punya kartu kredit. Penulis sarankan sih kamu tunggu sampai gamenya diskon agar kamu untung. Tapi, kalau memang menurutmu gamenya sepadan, beli di tanggal rilis pun tidak ada salahnya. Jadi, game mana saja yang pernah kamu beli dari Steam? Tuliskan di kolom komentar ya!

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *