Arti 500 Internal Server Error? Dan Solusinya

  • Whatsapp

Arti 500 Internal Server Error? Dan Solusinya – Salah satu kesalahan paling umum yang terjadi saat mengunjungi situs web adalah pesan kesalahan “500 Internal Server Error”. Pesan ini menunjukkan bahwa server web mengalami masalah teknis.

Artikel ini menjelaskan apa arti 500 Internal Server Error, mengapa Anda menerima kode HTTP 500, dan cara memecahkan masalah kesalahan tersebut.

500 Internal Server Error?

Setiap kali Anda membuka halaman web, browser Anda mengirimkan permintaan ke server yang menghosting situs tersebut, yang menampilkan data yang diminta dan kode respons. Kode status respons HTTP menunjukkan apakah permintaan itu berhasil atau tidak.

Tanggapan tersebut dikategorikan menjadi lima kategori. Kode dalam kisaran 500 hingga 599 menunjukkan kesalahan server.

Bacaan Lainnya

Kode status HTTP 500 adalah respons kesalahan umum yang dikembalikan oleh server jika kode kesalahan lain tidak cocok. Hal ini dapat terjadi karena berbagai masalah yang mencegah server menyelesaikan permintaan.

500 internal server error

Jika halaman yang Anda kunjungi menampilkan 500 kesalahan, tidak banyak yang dapat Anda lakukan karena kesalahan tersebut bukan disebabkan oleh browser atau koneksi internet Anda. Meskipun kesalahan ada di sisi server, Anda dapat mencoba opsi berikut:

  • Harap muat ulang atau perbarui browser web Anda atau coba browser lain. Kemungkinan pemuatan halaman saat browser menyegarkan rendah, tetapi tetap patut dicoba.
  • Coba bersihkan cache browser Anda. Jika halaman yang menampilkan 500 kesalahan di-cache, setelah cache dihapus, browser akan meminta versi baru dari halaman tersebut.
  • Kunjungi situs dalam beberapa saat. Sementara itu, administrator situs dapat memecahkan masalah server.
  • Hubungi pemilik situs. Pilihan terakhir yang tersisa adalah menghubungi orang yang bertanggung jawab untuk memelihara situs web yang Anda kunjungi.

Cara Mengatasi Masalah 500 Error

Beberapa alasan berbeda dapat menyebabkan 500 Internal Server Error. Berikut ini yang paling umum

  • Masalah izin. Jika server web tidak memiliki izin untuk mengakses file situs, ini dapat mengakibatkan kesalahan HTTP 500. Solusi untuk masalah ini adalah sering mengubah izin file situs.
  • Kesalahan sintaks .htaccess. Jika Anda menggunakan Apache sebagai server web Anda, kemungkinan besar Anda memiliki file .htaccess di direktori root situs Anda. Sintaks yang salah atau arahan modul yang hilang dapat menyebabkan Error 500.
  • Masalah terkait database. Error 500 juga dapat disebabkan oleh informasi yang salah dari server database atau database yang rusak.
  • Masalah dengan plugin dan tema. Jika Anda menggunakan WordPress atau CMS atau lainnya, Error 500 mungkin muncul setelah memperbarui atau memodifikasi plugin / tema.
  • Masalah server atau Sistem file yang rusak juga kehabisan memori dapat menyebabkan Error 500.
  • Modul Node.js . Jika Anda memiliki situs berbasis Node.js, memperbarui modul dapat menyebabkan Error 500.
  • Situs yang diretas. Seringkali kode berbahaya yang disisipkan ke situs web Anda menghasilkan kesalahan Error 500.
  • Modul tidak kompatibel. Memuat modul PHP atau Apache yang tidak kompatibel menyebabkan Error 500.
  • Batas waktu sumber daya eksternal. Jika server terhubung ke layanan eksternal dan layanan tidak tersedia, server menampilkan pesan kesalahan Error 500.

Cara terbaik untuk menentukan apa yang menyebabkan kesalahan 500 adalah dengan memeriksa file log server. Lokasi file log tergantung pada distribusi Linux dan server web yang Anda gunakan. Lokasi umum untuk Apache dan Nginx adalah sebagai berikut:

/var/log/apache2/error.log
/var/log/httpd/error_log
/var/log/nginx/error_log

Jika dibuat menggunakan Node.js, periksa log Node.js.

Log server biasanya berisi informasi kesalahan terperinci untuk membantu Anda mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan.

Kesimpulan

500 Internal Server Error adalah kode status HTTP umum yang berarti ada yang salah dengan server web yang menghosting situs web yang Anda kunjungi. Di atas adalah beberapa penyebab 500 kesalahan server internal dan cara menangani kesalahan tersebut.

Dan jika Anda adalah pemilik situs web dan bukan pemilik server atau hosting, dan Anda mengalami masalah ini tanpa alasan yang jelas atau bukan karena kesalahan anda yang menyebabkannya, solusi terbaik adalah mencari bantuan di departemen dukungan web hosting. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba :).

Anda Merasa Terbantu dengan artikel ini? Silahkan share dan bergabung dengan pinthar.net di Facebook agar tidak ketinggalan info menarik lain nya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *